Maha Adil

Tahu tidak kalau Tuhan mu itu Maha Adil? 

Tahu tidak kalau Tuhan mu itu Maha Baik?

Allah selalu adil dan baik.

Masih ragu? Jangan pernah liat dari hal-hal besar kawan. Sesuatu yang besar itu biasanya berkurang nikmatnya, contoh saja kejadian hari kemarin.

Mensyukuri nikmat ala saya itu hanya mendapatkan krl kosong saat jam pulang kantor macam semalam. Sudah biasa? Lain ceritanya kawan jika kamu melihat pagi harinya, pagi kemarin krl yang saya tumpangi mogok. Bahkan sebelum sampai stasiun cilebut, baru tiga menit berangkat Bogor. Alhasil harus oper krl yang berangkat selanjutnya.

Kamu tahu kondisi kemarin pagi kawan? Sejujurnya saya susah menjelaskan, yang jelas bahkan untuk berdiri kamu tak perlu bertahan dengan pegangan apapun, karna dengan sukarela orang-orang di samping kanan kiri depan belakang saling menyokong. Jangan tanya lagi bagaimana kamu bisa bergerak, bernafas saja sedikit sulit. Dada terhimpit, badan terjepit, kaki nyaris tak napak, belum lagi kamu harus mempertahankan diri ketika krl berhenti ataupun melaju. Kamu harus merasakan sensasinya kawan, agar kamu bersyukur ketika kamu tidak dapat tempat duduk namun gerbong masih sepi, itu nikmat.

Lebih lebih nikmatnya waktu semalam. Stasiun tanah abang adalah salah satu stasiun terpadat di jalur krl, namun lihatlah krl yang membawa ku pulang, gerbong-gerbong sepi, hanya satu dua yang duduk manis. Saya duduk kawan, nikmat-Nya yang mana lagi yang mau aku dustakan kawan? Orang-orang masih dapat bergerak dengan leluasa walau tak dapat duduk, bahkan ada yg bisa ngedemprok di lantai.
Sederhana kawan, amat sangat. Tapi lihatlah ini sesuatu yg nikmat. Kecil namun berharga. Kamu masih bilang Tuhan tidak adil? Masih mangkir bahwa Allah amat baik? Coba ingat-ingat lagi kejadian kecil di hidupmu kawan, ingatlah bahwa itu kuasa Tuhan mu. Kuasa Allah Maha Adil, Maha Baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s