Hikmah Sedekah 5000 Rupiah

tiba-tiba teringat sama salah satu cerita tentang sedekah. biasanya cuma bisa ngebayangin betapa indahnya berbagi pada sesama, dan ngga disangka-sangka ternyata tanpa saya sadari saya udah mengalami hal tersebut. kecil memang tapi itu sangat berarti buat saya :’)

berawal dari hari kemarin tanggal 3 Oktober, papa sms saya dan bilang

“mbak kemarin papa kirim 500 ribu. disimpan dulu saja”

loh kenapa?tumben. saya bingung karena saya sudah ‘gajian’ sebelumnya tanggal 25 dikirim oleh mama *papa lagi keluar kota* itu pun saya sudah meminta tambahan uang untuk beli buku dan beberapa pengeluaran yang tak terduga. karena kebingungan saya pun bertanya

“buat apa emang? tapi makasih yaa tau aja kiki lagi banyak pengeluaran hahaha”

“buat naik haji hehehe”

bercanda. hahaha ada ada aja tapi AMIIIIIN.

jujur dikirimin uang yang cukup besar tanpa embel-embel atau bahkan diminta terlebih dahulu itu bikin saya terkejut. bagaimana tidak di bulan ini, di kampus lagi ngencar-ngerncarnya ngadain acara. saya selaku panitia beberapa acara kelimpungan. baik segi waktu, fisik, bahkan untuk iuran serta tetek bengeknya yang saya sendiri terkaget-kaget menghitung jumlah uang yang harus dikeluarkan.

tapi ALHAMDULILLAH Allah itu memang Maha Pemurah, Dia yang memberikan rizki *saya dong* untuk seluruh umatnya. tanpa disangka-sangka saya dapat suntikan dana. dan Alhamdulillah hal yang tadinya mustahil, yaitu menyisihkan uang jajan jadi dapat terlaksanakan.

awalnya saya ngga nyadar kok bisa ya dikirim uang tambahan? tapi pagi ini tiba-tiba saya teringat kejadian jumat minggu lalu. tepatnya tanggal 28 September.

waktu itu saya yang kuliah di Jatinangor pulang ke Bogor. selain kangen suasana rumah, adik bungsu saya AHDAN sedang berulang tahun *Happy Birthday my little brother*. karena tidak mempersiapkan kado apapun saya berencana untuk membelikan kue untuk adik saya, dan sesampainya di Bogor saya pun mencari kue tersebut.

saya memasuki beberapa toko kue, di toko pertama saya belum menemukan kue tersebut. pada saat saya akan memasuki toko kue kedua, ada seorang kakek-kakek tua renta yang menjajakan barang dagangannya. hampir saja saya melewati kakek tersebut, namun karena rasa iba saya muncul saya menghampiri kembali kakek tersebut.

“neng topinya neng seribuan aja neng”

sebenernya saya juga kurang yakin barang dagangan yang kakek bawa itu barang seperti apa, namun karena niat saya ingin sedekah maka tanpa ragu saya mengeluarkan dompet dan memberikan 5000 rupiah. jumlah yang cukup banyak untuk kakek tersebut.

“maaf neng ngga ada kembaliannya”

“ngga usah pak, buat bapak aja. saya ambil yang biru ya pak”

“ya Allah neng. makasih ya neng makasih”

entah bagaimana, mungkin ini yang dinamakan hikmah dari sedekah. bahkan uang 5000 rupiah yang saya sedekahkan bisa menolong saya untuk pengeluaran bulan ini. Allah itu Maha Adil dan Maha Mendengar doa hambanya. karena tau saya lagi kesulitan maka Dia memberikan kemudahan setelahnya Subhanallah😀

always and always grateful to God ALHAMDULILAH ^_____^

Leave a Reply

