7 Peristiwa Bersejarah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa penuh dengan keberkahan. Pada bulan Ramadhan ini banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi. Berikut adalah beberapa lintasan sejarah tentang momen penting terjadi pada bulan Ramadhan:

 

1. Turunnya Wahyu Pertama

Ibnu Katsir mengatakan bahwa Allah SWT menyanjung bulan Ramadhan atas bulan-bulan yang lain, yaitu dengan memilihnya sebagai bulan dimana Al-Qur’an diturunkan. Al-Qur’an pertama diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan. Rasulullah menerima wahyu pertama ini di Gua Hira berupa potongan surat Al-Alaq: 1-5. Al-Qur’an juga melukiskan peristiwa penting itu sebagi berikut, “Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagimanusia dan penjelasan atas petunjuk itu, serta pemisah antara hak dan batil”. (QS. Al-Baqarah : 185)

 

2. Perang Badar

Perang Badar adalah pertempuran pertama yang dilakukan kaum Muslim setelah berhijrah ke Madinah melawan kaum Quraisy dari Mekkah. Perang ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 Hijriyah. Perang Badar ini termasuk salah satu perang yang fenomenal. Hal ini disebabkan karena pada saat itu jumlah pasukan kaum Muslimin adalah hanya 313 sedangkan pasukan kaum Quraisy sekitar 1000 orang. Jumlah yang cukup mustahil untuk menang. Namun atas izin Allah SWT, perang Badar ini dimenangkan oleh kaum Muslimin. Subhanallah.

Seperti yang tertulis pada Al-Qur’an, “Dan sungguh Allah telah menolong kamu dalam Perang Badar, padahal kamu dalam keadaan lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, agar kamu mensyukuri-Nya.” (QS. Ali Imran : 123)

 

3. Peristiwa Fathu Mekkah

Fathu Mekkah adalah salah satu peristiwa besar, dimana kaum Muslimin berhasil menguasai atau menaklukan Kota Mekkah. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata”. (QS. Al-Fath : 1). Fathu Mekkah ini terjadi pada tanggal 21 Ramadhan tahun 8 hijriyah. Di bulan yang sama pula Khalid bin Walid menghancurkan patung Uzza.

 

4. Thariq Bin Ziyad Menaklukan Andalusia

Andalus ditaklukan pada tanggal 28 Ramadhan 92 H. Pasukan Islam yang dipimpin oleh Thariq Bin Ziyad berhasil memasuki Andalus dari arah pesisir, ini adalah hal yang diluar dugaan, sehingga Roderick, penguasa Visigoth Spanyol segera mempersiapkan pasukannya yang berjumlah 25.000. Pertempuran ini terjadi antara 12.000 pasukan Muslimin melawan 100.000 tentara Roderick. Yang berakhir dengan tercerai-berainya pasukan Visigoth dan tewasnya Roderick.

Penaklukan Andalus ini merupakan cikal bakal masa kejayaan Islam di Spanyol, Eropa. Dimana pada masanya bangsa Eropa mengalami masa paling gelap, hal ini disebabkan pertentangan antara ilmu dan agama.

 

5. Umat Islam Mengalahkan Tentara Mongol (Peristiwa Ain Malut)

Pada tanggal 15 Ramadhan tahun 658 H, umat Iskam berhasil mengalahkan 20.000 tentara Mongol di bawah pimpinan Hulagu Khan, cucu Ganghis Khan. Perang ini terjadi di Ain Jalut, Palestina Utara. Sehingga peperangan ini dikenal dengan peristiwa ‘Ain Jalut. Para sejarawan menganggap bahwa peristiwa ini amat penting dalam sejarah penaklukan bangsa Mongol di Asia Tengah, dimana pasukan Mongol mengalami kekalahan telak atas kaum Muslimin dan tidak mampu membalas kekalahan tersebut.

 

6. Kemenangan Salahuddin Al Ayyubi

Pada bulan Ramadhan 583 H, panglima Salahuddin Al Ayyubi, yang di Eropaterkenal dengan sebutan Saladin, mencapai kemenangan gemilang dengan memukul mundur pasukanpasukan Salib pada beberapa medan pertempuran, serta membebaskan sebagian besar daerah yang telah diduduki tentara Salib, diantaranya dapat merebut kembali Kota Yerusalem dan melawan Raja Yerusalem.

 

7. Proklamasi Kemerdekaan

Hal yang menajubkan karena pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan tepat pada jumat terkahir bulan Ramadhan dalam kalender hijriyah. Tepat pada tanggal ini pula kemerdekaan Indonesia diproklamasikan secara lantang oleh Seokarno-Hatta. Tak lupa dilakukan pula upacara bendera yang cukup khidmat.

Untuk tahun ini 17 Agustus 2012, kemerdekaan Indonesia juga tepat pada hari jumat terakhir bulan Ramadhan dalam kalender hijriyah.

 

Subhanallah ternyata bulan Ramadhan merupakan bulan yang tidak hanya suci namun juga membawa berkah bagi para umat-Nya. Semoga bulan Ramadhan ini membawa keberkahan bagi kita semua. AMIN🙂

 

diambil dari majalah Rumah Lentera edisi 67. Dan sedikit revisi sana sini. Semoga pengetahuan kita akan Islam semakin bertambah dan menambah kecintaan kita kepada Islam dan Allah SWT tentunya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s