Ceramah Ilmiah : Dibalik Konsumsi Minuman Isotonik

mau sharing ilmu aja nih, hasil dari ceramah ilmiah di kampus gue. semoga bermanfaat . .

Ceramah Ilmiah : Dibalik Konsumsi Minuman Isotonik
by Edy Subroto, STP.,MP

Seperti yang kita tau minuman isotonik adalah salah satu minuman yang banyak dijual di pasaran.
Isotonik berasal dari kata ISO dan TONIK. ISO berarti sama atau persamaan sedangkan TONIK adalah tekanan. Sehingga minuman isotonik dapat diartikan sebagai minuman yang memiliki tekanan yang sama dengan yang terdapat di dalam sel tubuh, dalam satuan osmolaritas.
Oleh sebab itu, minuman isotonik berfungsi sebagai minuman yang dapat menggantikan ion-ion dalam tubuh yang hilang karena minuman dibuat mirip dengan cairan tubuh.

Minuman isotonik ini biasa dikonsumsi pada saat seseorang mengalami dehidrasi. Dehidrasi sendiri adalah suatu kondisi kekurangan air atau kekeringan dengan indikasi haus. Penyebab dari dehidrasi adalah akibat cairan tubuh dan mineral berupa NACl berkurang selama kita olahraga.

Walaupun minuman isotonik memiliki fungsi yang baik, ternyata mengkonsumsi minuman isotonik secara berlebihan tidak baik untuk tubuh terutama untuk usia lanjut.
Beberapa kerugian minuman isotonik
- Penyebab Hipertensi
- Penyebab Jantung Koroner
- Penyebab Stroke

Untuk usia diatas 40 tahun tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman ini karena dapat mengakibatkan penyakit-penyakit diatas. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah pada orang berusia lanjut sudah tidak elastis dan kandungan ion-ion pada minuman isotonik yang berlebih mengakibatkan pembuluh darah menjadi menenggang dan dapat pecah.

Usia remaja dan dewasa juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman isotonik apabila tidak melakukan aktivtas yang berat seperti olahraga. Kehilangan NaCl dan Cl dapat digantikan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung garam. Kebiasaan mengkonsumsi minuman isotonik pada usia muda dapat berpengaruh di usia tuanya sehingga untuk mengurangi resiko diatas lebih baik menghindari konsumsi minuman isotonik.

NB : Minuman isotonik sebaiknya hanya dikonsumsi setelah melakukan olahraga yang banyak mengeluarkan energi dan untuk para atlet yang setiap harinya kehilangan banyak ion-ion tubuh saat latihan atau pertandingan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s